Wednesday, September 7, 2016

Teknik Dasar Menggiring Bola

Teknik menggiring bola, teknik dasar bola, teknik dasar menggiring bola
Menggiring Bola
Dalam bermain sepak bola, tentunya pemain pada saat membawa bola ke titik tertentu, tidak diperbolehkan menggunakan tangan. Boleh menggunakan kepala atau badan namun yang pasti lebih sering menggunakan kaki. Menggiring bola (dengan kaki) adalah teknik mendasar dalam bermain sepak bola, terutama saat kita tidak mendapatkan rekan tim yang dapat menerima bola misalkan terlalu dekat dengan pemain lawan. Terkadang ada saatnya mengumpan bola dengan cara menggiring bola, tidak dengan operan jauh dikarenakan dapat menyebabkan offside. Dan karena itukah menggiring bola dalam sepak bola atau istilahnya dribbling, dibedakan menjadi dua, Closed Dribbling dan Speed Dribbling.

Closed Dribbling berarti kita harus menggiring bola dengan mengontrolnya secara penuh, biasanya pada saat bola sedang tidak aman dari lawan kita. Sebaiknya bola tidak boleh lebih dari 1 meter dari kaki kita. Gerakan mengecoh lawan juga sering dilakukan disini agar bola tidak diambil alih oleh lawan. Kemudian untuk Speed Dribbling adalah menggiring bola dengan lari secepatnya. Dilakukan dengan cara menendang bola kedepan lalu mengejarnya sekuat tenaga. Hanya saja, kita harus betul-betul bebas dari lawan yang mengganggu atau kosong,

Saat melakukan closed dribbling, jangan menaikkan kecepatan lewat cara melebarkan langkah kaki kita atau menendang bola lebih jauh ke depan, akan tetapi tingkatkanlah frekwensi langkah kaki Anda. Ada baiknya untuk tidak sering menggiring bola sampai di sepertiga lapangan. Dan bila lawan membayangi kita dari samping saat menggiring bola,maka gunakan tehnik berbalik (turning) untuk mengecohnya.

Jika pada saat kita membawa bola namun ada lawan berada di depan, giringlah bola terlebih dulu mendekati sang lawan, dan ketika sudah dekat umpankanlah bola pada rekan. Adalah bijak jika kita tidak terburu-buru mengumpankan bola saat lawan masih jauh. Hanya saja ketika kita terlambat dalam mengumpan bola maka sangat dimungkinkan lawan akan bisa merebut bola dari kita. Ada beberapa teknik menghindar atau mengecoh lawan antara lain matthews move, menggunting (scissors move), step over, cruyf move, melewatkan bola dibawah ke-2 kaki lawan (nutmeg move), berpura-pura ingin menendang (fake kick), berputar (spin move), mencungkil bola (sombrero move) serta elastico move.

Kita bisa merelakan kehilangan kontrol bola, dengan catatan bisa memperoleh penggantinya seperti seperti tendangan sudut, tendangan bebas, lemparan dalam, atau bahkan juga tendangan penalti.

Menggiring bola dapat dilakukan ke arah mana saja, termasuk ke arah belakang jika dibutuhkan, misalnya pertahanan lawan didepan terlalu ketat. Karena itulah jika rekanmu yang sedang menggiring bola ada berada dalam posisi sulit atau terlalu ditempel lawan, segeralah datang menolong lewat cara mengambil posisi kosong yang mudah untuk dapat di beri umpan. Ada beberapa yang cara yang sebaiknya menggiring bola yang aman yaitu melakukannya di sisi pinggir / sayap lapangan dengan harapan bahwa ada beberapa pemain yang mengejar kita sehingga tercipta beberapa ruang kosong didepan dan tengah lapangan.

menggiring bola dengan kaki, teknik dasar bola, teknik dasar menggiring bola
Ilustrasi dasar menggiring bola
Sebenarnya ada tiga teknik dalam menggiring bola secara anatomi tubuh yaitu
  1. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam 
    • Pandangan mata ke arah bola
    • Kepala dan badan diatas bola
    • Bola didorong dengan kaki bagian dalam tetap dalam penguasaan
    • Bola didorong lurus ke depan 
    • Biasanya dilakukan jika posisi lawan berada sangat dekat dengan kita
  2. Menggiring bola dengan kaki bagian luar 
    • Pandangan mata ke arah bola
    • Kepala dan badan diatas bola
    • Bola didorong dengan kaki bagian luar
    • kaki yang digunakan untuk mendorong diputar ke dalam sehingga bagian kaki yang menyentuh bola merupakan bagian kaki yang dekat dengan jari kelingking
    • Biasanya dilakukan saat mengontrol bola dengan posisi lawan jauh dari posisi kita karena jika tidak akan sangat mudah diambil lawan
  3. Menggiring bola dengan punggung kaki 
    • Pandangan mata ke arah bola
    • Kepala dan badan diatas bola
    • Bola didorong dengan punggung kaki
    • Ujung jari kaki yang mendorong bola menghadap ke tanah
    • Sebaiknya gunakan lari langkah pendek
    • Biasanya dilakukan dengan cepat sampai menemukan celah rekan yang kosong yang siap diumpankan bola

0 comments:

Post a Comment